Selasa , 12 Desember 2017
Home / Berita Bola / Sponsor tertua di FIFA, Adidas Bungkam soal Sepp Blatter
Takasibet

Sponsor tertua di FIFA, Adidas Bungkam soal Sepp Blatter

Berdasarkan informasi dari The Guardian memberitakan bahwa Sponsor tertua FIFA, adidas, bersama dengan perusahaan mobil asal Korea Selatan Kia menolak untuk bergabung dengan sponsor-sponsor FIFA lainnya untuk menuntut pengunduran diri Sepp Blatter sebagai presiden otoritas sepak bola dunia.

Pada hari Jumat (2/10), empat mitra resmi FIFA yaitu Coca-Cola, McDonalds, Budweiser, dan Visa sama-sama mengeluarkan permintaan agar Sepp Blatter untuk mengundurkan diri. Mereka mengatakan bahwa upaya reformasi akan terhalangi jika Sepp Blatter terus menjabat sebagai presiden FIFA.

Keempat perusahaan asal Amerika Serikat tersebut terus berada dalam tekanan untuk bersikap tegas pada FIFA terutama setelah Kejaksaan Agung Amerika Serikat menuntut 14 orang, yaitu sembilan petinggi FIFA dan lima pejabat perusahaan pemasaran olahraga, dalam tuduhan korupsi, pencucian uang, dan juga kejahatan terorganisir dalam 20 tahun terakhir.

Intervensi yang dilakukan Coca-Cola ini dinilai krusial dalam proses reformasi terutama karena perusahaan itu adalah salah satu peletak fondasi dalam model pemasaran olahraga secara global.

Total pendapatan yang didapatkan FIFA dari sponsor mencapai US$1,6 miliar atau nyaris 28 persen dari total pendapatan mereka dalam empat tahun terakhir. Pemberontakan dari para sponsor dinilai akan menjadi jalan bagi perubahan di tubuh FIFA.

Namun adidas, perusahaan peralatan olahraga asal Jerman yang sejak Piala Dunia 1970 terus menyuplai bola untuk turnamen terbesar di dunia itu, menolak untuk mengikuti langkah menuntut pengunduran Blatter.

Berdasarkan informasi dari The Observer, juru bicara adidas hanya mengatakan bahwa sebagaimana telah dinyatakan beberapa kali, FIFA harus menerapkan perubahan mendasar demi kebaikan sepak bola. Karena itu, proses reformasi harus terus berlanjut secara cepat dan transparan.

FIFA dan adidas memiliki keterikatan sangat kuat. Berdasarkan informasi yang dikutip dari The Guardian, anak dari pendiri adidas yaitu Hors Dassler adalah orang yang membantu Sepp Blatter memulai kekuasaanya di FIFA dengan menjadi Sekretaris Umum.

Dassler juga salah satu pendiri International Sport and Leisure, perusahaan pemasaran yang menjadi mitra resmi FIFA dalam soal hak siar turnamen Piala Dunia.

Setelah Dassler meninggal dunia, perusahaan tersebut mengalami kebangkrutan dan dituduh terlibat dalam skema penipuan senilai US$100 juta

Agen Bola

Check Also

Derita Ronaldo Saat Messi Dominasi Ballon d’Or

Cristiano Ronaldo tidak dapat menyembunyikan kekecewaannya kala sang rival Lionel Messi mendominasi Ballon d’Or. Namun, ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *