Rabu , 17 Januari 2018
Home / Berita Bola / Dari MSN Menjadi M, Messi Kini ‘Sendiri’
Takasibet

Dari MSN Menjadi M, Messi Kini ‘Sendiri’

Sampai beberapa pekan lalu MSN masih menjadi trio maut andalan Barcelona. Tapi di akhir pekan ini, Barca cuma punya M. Lionel Messi harus mengangkat performa klubnya. Sendirian.

Tentu saja Messi tidak akan benar-benar sendiri secara harfiah. Saat menjamu Real Betis pada Senin (21/8/2017) dinihari lusa dia masih akan ditemani nama-nama besar lain seperti Sergio Busquets, Ivan Rakitic, Gerard Pique, total 10 pemain lainnya.

Messi bisa dibilang sendirian jika berbicara tentang peran dia di lini depan. Dua pekan lalu dia ditinggal Neymar yang memilih pergi ke Paris Saint Germain. Sementara beberapa hari kemarin Luis Suarez dipastikan pergi selama paling tidak satu bulan karena cedera. Dari awalnya MSN, Barca hanya akan mengandalkan M pada pekan pembuka La Liga.

Dalam tiga musim terakhir (2014/2015 sampai 2016/2017), Neymar tercatat total membuat 23 assist untuk Suarez dan Messi. Pada kurun yang sama Suarez menciptakan 32 assist untuk Messi dan Neymar. Messi sendiri mengreasikan total 30 assist untuk kedua rekannya itu.

Statistik tersebut menunjukkan kalau seberapa hebatnya Messi dia tetap butuh dukungan dari rekan-rekannya. Teman sepermainan yang memahami betul kebutuhannya. Malang buat Messi, dan pendukung Barcelona, satu per satu para pelayan Messi sudah pergi.

Xavi Hernandez yang pertama pergi. Lalu menyusul kemudian Dani Alves, yang sampai saat ini masih tercatat sebagai pemberi assist terbanyak untuk Messi. Neymar sudah menikmati kehidupan barunya di Paris.

Andres Iniesta? Di usianya yang sudah 33 tahun kontribusi Iniesta sudah banyak berkurang. Musim lalu dia cuma jadi starter sebanyak 13 kali di La Liga. Iniesta pun saat ini tengah cedera.

Dengan kondisi seperti itu, kebutuhan Barca akan Philippe Coutinho dan Ousmane Dembele sudah sampai pada tahap kritis. Tapi sejauh ini belum ada kejelasan soal rencana kedatangan keduanya ke Camp Nou.

Menarik untuk dinantikan bagaimana strategi dan formasi Ernesto Valverde untuk mensiasati kondisi Barcelona di awal musim 2017/2018 ini.

Apapun itu kondisinya, Messi akan tetap jadi andalan untuk menjaga status Barcelona sebagai klub yang ditakuti di Spanyol. Membangkitkannya lagi setelah dipermalukan Real Madrid di Piala Super Spanyol.

Siap, tidak siap. Messi tahu dia harus menanggung beban itu.

Agen Bola

Check Also

Persija Bermarkas di Karawang, Sejumlah Hal Ini Jadi Fokus Polisi

Keputusan Persija Jakarta bermarkas di Karawang masih menjadi perhatian tersendiri dari kepolisian setempat. Ada sejumlah ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *